Tips Membuat Desain Rumah Etnik Jawa yang Elegan

Desain rumah etnik Jawa adalah beberapa inspirasi desain yang dapat anda gunakan dalam menentukan seperti apa rumah anda ingin dibangun. Tentunya anda sudah pernah mendengar sebelumnya bahwa rumah khas Jawa memiliki ciri khas warna coklat yang hangat dan membuatnya terlihat lebih elegan. Elegansi dari rumah etnik Jawa ini yang kemudian diidamkan oleh banyak orang agar dapat dirasakan juga di rumahnya. Apakah anda salah satu dari orang yang ingin memiliki desain rumah dengan etnik Jawa ini? Jika iya, maka informasi berikutnya adalah informasi yang pasti menarik untuk anda coba.

Setiap jenis desain memiliki kunci atau tips utama agar dapat mewujudkannya seperti yang anda harapkan. Begitu juga dengan desain rumah etnik Jawa yang anda idamkan ini. Tentunya anda harus mengetahui apa saja tips untuk mewujudkannya dan bagaimana kuncinya. Anda dapat mengetahui informasi terkait hal tersebut pada bagian di bawah ini . Semoga informasi terkait tips dalam mendesain rumah dengan etnik Jawa ini dapat bermanfaat untuk anda.

6 Tips Desain Rumah Etnik Jawa yang Penting Dilakukan

rumah jawa

Rumah etnik Jawa adalah rumah yang menggunakan desain-desain tradisional layaknya rumah adat, sebagai identitas pemilik rumahnya. Jika anda ingin menggunakan gaya etnik Jawa ini sebagai desain rumah anda, pastinya anda akan memiliki rumah yang cukup berbeda dari rumah-rumah lainnya saat ini. Perbedaan ini dapat mencakup banyak hal mulai dari bentuk atap, pemilihan warna, pemilihan furnitur dan masih banyak aspek lainnya. Agar anda tidak kesulitan dalam mendesainnya, berikut ini ada 5 tips yang dapat anda gunakan untuk menghasilkan rumah etnik Jawa sesuai harapan anda.

1. Penggunaan Aspek Simetris yang Kental

Seperti dijelaskan sebelumnya, rumah etnik Jawa adalah rumah yang dibangun menyerupai rumah-rumah tradisional pada masanya. Rumah tradisional ini diketahui identik dengan beberapa pajangan dan sisi-sisi rumah yang simetris. Jadi pastikan untuk membuat banyak bagian dari rumah simetris, seperti posisi pintu di tengah dan pajangan pintu yang berhadapan.

2. Penggunaan Bahan Baku yang Mayoritas adalah Kayu

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan rumah di masa tradisional menggunakan kayu sebahai bahan utamanya. Itulah mengapa jika anda ingin menggunakan desain etnik Jawa pada rumah anda, maka anda harus menggunakan bahan kayu sebagai bahan mayoritas dalam mendesain rumah.

3. Penggunaan Beberapa Pola Ornamen Khas Jawa

Ornamen yang banyak digunakan dalam kebudayaan Jawa adalah pola pohon yang diukir di dinding dan pintu. Tidak jarang pola pohon atau bunga ini yang membuat akhirnya anda perlu mengeluarkan biaya besar. Karena jarang sekali ada dinding, pintu, dan jendela yang dibuat dalam ornamen khas Jawa jika tidak dipesan dahulu.

4. Penggunaan Desain Ruang Besar untuk Kepentingan Utama

Rumah di zaman tradisional memiliki suatu ruang besar yang menjadi tempat kepentingan utama, seperti layaknya ruang tamu namun ukurannya besar. Hal ini wajib ada jika anda ingin memiliki rumah yang kental dengan etnik Jawa. Pastikan mendesain ruang besar ini dan jadikan ciri khas dari rumah etnik Jawa anda.

5. Penggunaan Furnitur Antik dan Terkesan Klasik

Satu lagi yang dapat membuat anda sukses mewujudkan rumah yang kental dengan etnik Jawa adalah dalam hal pemilihan furnitur. Furnitur yang harus anda gunakan adalah furnitur antik dan memang memiliki kesan klasik. Cobalah memilih jenis-jenis kursi antik, lukisan antik, dan lampu-lampu klasik berwarna kuning.

6. Penggunaan Konsep Tradisional Namun Minimalis

Tips terakhir untuk anda cobalah menggunakan konsep tradisional yang digabungkan dengan konsep minimalis. Kebanyakan rumah tradisional diketahui memiliki ukuran besar, namun saat ini sulit untuk mendapatan tanah yang luas untuk rumah anda. Disinilah anda perlu menggunakan konsep tradisional yang dikombinasikan dengan konsep minimalis agar tidak terkesan padat dan sesak.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja tips dalam desain rumah etnik Jawa yang penting untuk anda gunakan. Bagaimana menurut anda? Sangat mudah bukan mendesain rumah dengan etnik Jawa ini. Jadi mulai dari sekarang jika anda memang ingin membangun rumah anda kental dengan desain-desain tradisional, maka pastikanlah anda menyiapkannya secara matang dengan berdasarkan tips-tips di atas. Selamat berkreasi!

Leave a Reply