6 Tips Agar Rajin Belajar Untuk Mahasiswa

Buat kamu para mahasiswa, tentunya menjadi idola ialah harapan. Mahasiswa yang punya IPK tinggi, prestasi oke, dan penampilan yang hits. Mahasiswa idola sudah bukan lagi seperti di tivi-tivi yang mengedepankan penampilan dan “genk”. Mahasiswa yang keren ialah mahasiswa yang memiliki kontribusi bagi bangsa. Mau jadi mahasiswa idola? Baca ini!

1. Tiap Hari ke Perpustakaan

Ada baiknya kamu sebagai mahasiswa yang ingin memiliki prestasi dan nilai lebih, kamu mulai pergi ke perpustakaan setiap harinya. Perpustakaan di kampus tentunya lebih komplit daripada saat di SMA. Perpustakaan kampus bukan hanya berisi dengan buku-buku materi pelajaran, tapi juga jurnal-jurnal yang sangat penting untuk syarat kelulusan.
Kampus juga akan mengajarkan banyak hal buat kamu. Kamu pasti akan termotivasi untuk lebih rajin karena pemandangan di perpustakaan kampus sangat berkualitas karena sebagian besar mereka membaca.

2. Pasang Target

Buat kamu yang mau jadi mahasiswa berprestasi, kamu harus membiasakan diri untuk rajin. Rajin bisa dilakukan dengan cara melakukan kegiatan secara kontinyu. Misalnya saja, kamu memasang target IPK dari semester per semesternya.
Dari target tersebut, kamu bisa berusaha mendapatkannya dengan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa diupayakan ialah dengan rajin baca buku, mengerjakan tugas tepat waktu, dan lain sebagainya.

3. Ikut Organisasi yang Membangun

Mahasiswa merupakan agent of change yang bisa menjadi salah satu kekuatan besar di dalam suatu Negara. Ada baiknya kamu bisa mengikuti berbagai organisasi di dalam kampus untuk memiliki jiwa dan keterampilan yang lebih baik.
Organisasi yang bisa kamu pilih ialah organisasi yang sesuai dengan passion kamu. Misalnya kamu suka organisasi kemahasiswaan, kamu bisa ikut BEM, himpunan, dan lain sebagainya. kalau kamu mau tambah skill menulis, maka kamu bisa ikut redaksi. Kalau mau punya skill bicara maka bisa ikut jadi penyiar radio di kampus. Kamu tinggal pilih kok.

4. Aktif Buat Karya, LKTI, atau Jurnal

Buat kamu para mahasiswa, kamu bisa mulai aktif buat karya, LKTI, atau pun jurnal. Kamu bisa lebih leluasa dalam mengerjakan skripsi atau karya ilmiah lainnya kalau dari kuliah sudah terbiasa menulis dan aktif menghasilkan banyak karya.
Kebiasaan menulis juga akan membuatmu lebih rajin menjadi mahasiswa. Kamu bisa lebih bahagia dalam meraih IPK tinggi kalau sudah terbiasa membuat analisis dalam bentuk LKTI atau pun jurnal.

5. Aktif Ikut Penelitian

Buat kamu para mahasiswa, agar bisa lebih rajin sebaiknya aktif ikut penelitian. Penelitian bisa membuatmu menjadi lebih aktif dan rajin dalam mencari data atau pun membuat berbagai macam karya tulisan.
Kamu bisa membuat berbagai macam kegiatan yang lebih positif. Misalnya gabung tim penelitian dosen atau pun memanfaatkan dana hibah dari kampus atau pemerintah untuk membuat penelitian bersama tim mahasiswa lainnya.

6. Aktif Ikut LSM

Buat kamu para mahasiswa, sebaiknya isi hari-harimu untuk bergabung ke LSM. LSM akan membuatmu memiliki kegiatan yang lebih terarah karena sudah ada jadwalnya. Kegiatan yang berjadwal akan membentuk pola hidupmu menjadi lebih rajin.
Kamu biasa membiasakan diri melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dari ikut serta dengan LSM. Banyak juga LSM yang siap memberimu honor jika sudah menggunakan tenaga atau jasa mu.

Mahasiswa merupakan masa yang paling seru selama hidup. Banyak mahasiswa yang sukses mencetak berbagai prestasi, tapi ada banyak juga mahasiswa yang selalu merasa malas dengan hidupnya. Jadilah pribadi yang berbeda.

Leave a Reply