Taman Safari Bogor Indonesia Tempat yang Asik Untu Berlibur

Taman Safari Bogor – Jika membicarakan mengenai jalan-jalan, kebun binatang dan juga hutan belantara maka ada satu tempat wisata di Indonesia yang benar-benar mepresentasikan tempat yang bagus dan sesuai dengan habitat aslinya yaitu kebun binatang Taman Safari khususnya yang terletak di Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari atau biasa disebut Taman Safari Indonesia merupakan salah satu tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan. Meskipun tempat ini mengenalkan anda pada hewan dan habitat sesungguhnya, mungkin cukup terasa menegangkan dan juga menakutkan ketika diawal anda masuk ke dalam Taman Safari. Mengingat anda masuk kedalam hutan yang sesungguhnya.

Namun tempat wisata ini memang menggunakan konsep habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Atau banyak orang yang lebih mengenal dengan kawasan Puncak karena memang berada di daerah dataran tinggi di Bogor.

Taman Safari Bogor Berada di Dataran Tinggi yang Seru

taman safari bogor indonesia

http://info-bogor.com/

Taman ini berada di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 – 24 derajat Celsius. Makannya banyak orang yang berkunjung bukan hanya untuk ke Taman Safari saja melainkan sekaligus menikmati pemandangan yang ada dan juga menikmati udara yang ada.

Ada yang unik pada tempat wisata ini, dimana jika kebun binatang lainnya bisa dengan berjalan kaki melihar mereka dengan mudah namun disini anda diwajibkan menggunakan mobil pribadi ataupun bis yang disediakan dari Taman Safari. Namun jangan khawatir merasa terbatasi karena anda bisa memberikan makan langsung pada hewan-hewan yang dianggap jinak seperti hewan zebra, lama, dan sebagainya.

Sejarah Taman Safari Bogor

taman-safari-bogor

https://media-cdn.tripadvisor.com/

Jika membicarakan sejarah bagaimana Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor hadir maka anda akan kembali ke tahun 1980. Dimana pembangunan Taman safari ini mulai dilaksanakan dengan luas tanah yang dulunya adalah perkebunan teh seluas 50 hektare.

Setelah itu tanah tersebut disulap dengan berbagai pohon tambahan yang ditanam dan akhirnya menjadi sebuah taman safari. Taman safari Indonesia Cisarua Bogor ini juga merupakan tempat penangkaran satwa langka dan berbagai hewan yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Anda juga bisa melihat hewan hidup seolah di tempatnya sendiri. Taman safari diresmikan pada  tanggal 19 Maret 1990 oleh Menteri Kehutanan yang menjabat pada masa tersebut yaitu Hasyrul Harahap.

Sejak itulah Taman Safari terus beroperasi hingga kini. Namun menurut informasi, saat ini luas dari taman safari ini sudah bertambah luas, kini dengan adanya fasilitas yang mendukung pengunjung mulai dari tokotoko, tempat makan bahkan hingga hotel. Luas taman safari ini sudah menjadi 168 hektare. Tidak hanya sarana rekreasi saja yang ada di sana, tapi juga terdapat sarana edukasi dimana pengunjung bisa menambah wawasannya seputar alam dan satwa.

Jika menurut data yang ada 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka dan beberapa hewan yang sudah dilindungi. Dimana hewan tersebut seperti harimau benggala, jerapah, orang utan, anoa bahkan sudah kedatangan panda.

Taman Safari Indonesia juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi seperti bus safari, danau buatan, taman rumput, sepeda air sehingga banyak pengunjung yang bisa menikmati fasilitas lain selain melihat hewan saja. Selain itu ada juga fasilitas untuk bisa berinteraksi dengan hewan kecil di baby zoo. Untuk penghargaan, Taman safari sudah meraih penghargaan seperti Sapta Pesona Award, Best Indonesia Travel And Tourism Award dan Satyalancana Pembangunan Award

Leave a Reply