4 Tips Membeli Rumah Desain Minimalis yang Sudah Jadi

Rumah dengan desain minimalis mudah diwujudkan jika kamu membuat atau membangun sendiri. Namun bagaimana jika kamu hanya memiliki budget terbatas atau tertarik untuk membeli rumah di sebuah daerah namun rata-rata banyak orang yang bingung bagaimana memilih rumah dengan desain minimalis yang bagus dan juga ideal jika mendapatkan rumah yang sudah jadi.

Namun jangan khawatir, karena dalam artikel ini ada tips membeli rumah khusus untuk desain minimalis dan bentuk rumah yang sudah jadi atau berbentuk fisik. Tips ini bisa diterapkan dalam bentuk sudah jadi :

1. Pastikan Bangunan Baru dan Bagus

Karena rumah minimalis mengenakan furniture yang simpel dan tidak terlalu banyak, seharusnya mudah untuk pembeli rumah yang sudah jadi untuk melihat apakah rumah tersebut masih bagus dan layak digunakan atau tidak.

Karena rumah dengan bentuk minimalis mudah terlihat jika sudah jelek ataupun masih bagus dan layak.
Pastikan bagian kusen atau daun pintu dan jendela masih bagus kayunya, halaman bersih dan terawat serta ondisi atap yang tidak bocor.

Rumah minimalis biasanya menggunakan bentuk atap rata dengan motif dan warna atap yang berbeda.

2. Pastikan Lantainya

desain rumah minimalis type 21

Rumah minimalis biasanya dibangun dengan dua tipe yakni 2 lantai dan juga 1 lantai. Kamu harus bisa memilih dan memastikan sesuai dengan kebutuhan, tipe apa yang ingin kamu beli.

Jika baru menikah dan hanya berdua untuk apa membeli rumah dengan tipe 2 lantai. Beli saja tipe 1 agar mudah mengurus dan membersihkannya.

Selain itu kamu bisa sesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan. Jangan paksakan jika tidak cukup karena nantinya akan menjadi hutang.

3. Berpagar atau Tidak

contoh desain rumah minimalis

Rumah minimalis awalnya tidak berpagar layaknya rumah yang ada di Amerika. Dengan tipe yang dibiarkan terbuka, semakin lama tipe minimalis agak beradaptasi dengan kebiasaan orang Indonesia yang menggunakan pagar sebagai pembatas dan pelindung rumah. Apalagi untuk kamu yang memiliki kendaraan roda dua atau roda empat.

Tentukan rumah minimalis yang ingin kamu beli, apakah yang memiliki pagar atau tidak. Jika memiliki pagar maka tipenya seperti apa, tinggi menjulang menutupi teras atau hanya pagar biasa sebagai penutup atau pintu.

4. Warna Rumah

Selanjutnya adalah warna rumah yang bisa kamu pilih. Memang untuk warna rumah bisa saja diganti jika memang membutuhkan warna baru atau pencerahan yang baru. Karena rumah minimalis terbagi menjadi dua cat, pertama gelap dan tegas yaitu hitam dan abu cerah. Biasanya terlihat kontras dan juga menyatakan ketegasan dari sebuah rumah minimalis.

Sedangkan warna lainnya adalah putih dan juga abu yang menggambarkan kecerahan sebuah rumah minimalis tanpa perlu takut terlihat kaku atau monoton.

Tips diatas masih bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan keinginan kamu sebagai pembeli rumah. Hal yang terpenting dalam membeli rumah tentu saja harga yang cocok, kondisi rumah dan juga terakhir lingkungan rumah yang nyaman dan sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Jika tidak senang dengan kondisi yang sepi maka cari lingkungan rumah yang ramai namun perlu diingat untuk tetap hati-hati. Karena rumah dengan lingkungan ramai biasanya bahaya dan banyak diburu oleh maling ataupun oleh pencuri. Apalagi desain rumah minimalis yang terbuka, terlihat indah memang namun memudahkan pencuri atau maling untuk mengintip isi rumah kamu dengan mudah.

Sumber: Hustopia.com

Leave a Reply