Tips Menjawab Pertanyaan Interview Agar HRD Terkesan

Pertanyaan Interview – Mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai bidang yang Anda tekuni selama ini tentu saja merupakan sebuah impian. Dalam hal ini, sebelumnya pasti Anda akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan jika bidang tersebut tidak pas untuk membuka usaha sendiri. Nah, ketika Anda melamar pekerjaan ini, sudah tidak asing lagi pasti akan ada beberapa tahap yang harus Anda lalui dengan lancar agar bisa mendapatkan pekerjaan Anda.

Untuk tahap pertamanya biasanya adalah tahap administrasi di mana Anda akan di minta mengumpulkan beberapa berkas termasuk identitas diri dan surat pertanyaan akan hal-hal tertentu. kemudian akan memasuki tahapan psikotest dan di lanjutkan dengan wawancara. Dalam hal ini yang biasa di anggap tidak mudah dan membuat grogi adalah tes wawancara atau interview. Oleh karena itu sebisa mungkin persiapkan interview Anda dengan matang.

Berbicara mengenai interview yang sering di anggap sulit, sebenarnya Anda tidak perlu takut asal telah memiliki persiapan yang cukup dan gunakan contoh kata pengantar yang baik saat mulai menjawab pertanyaan HRD. Selain itu, sebelum interview ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa pertanyaan penting yang biasa di ajukan saat interview di laksanakan. Mengenai hal itu, untuk mengetahuinya lebih jauh, silahkan Anda simak ulasan berikut ini mengenai beberapa pertanyaan interview serta cara menjawabnya.

1. Jelaskan Tentang Diri Anda

pertanyaan interview kerja

careers.workopolis.com

Pertanyaan yang satu ini merupakan pertanyaan paling sering muncul ketika sedang interview. Tujuan dari penanya dalam pertanyaan tentang siapa diri Anda sebenarnya adalah untuk mengetahui sejauh apa pengalaman Anda selama ini, pengetahuan, dan kepribadian Anda. oleh karena itu, untuk menjawabnya silahkan menggunakan jawaban singkat, jelas dan langsung menuju pada inti jawaban Anda.

2. Apa Saja Keunggulan Anda

Pertanyaan umum selanjutnya biasanya adalah mengenai kelebihan yang Anda miliki. nah, ketika mendapat pertanyaan semacam ini silahkan Anda menjawabnya dengan jawaban yang spesifik dan akurat. Jangan sampai ada kelebihan yang mengada-ada. jangan lupa juga untuk menghubungkan kelebihan tersebut dengan skill pada posisi yang Anda incar. Dengan demikian jawaban Anda akan cukup berpengaruh dalam interview.

3. Kenapa Mengundurkan Diri Dari Tempat Kerja Lama

pertanyaan interview kerja di perusahaan

us.experteer.com

Bagi Anda yang sebelumnya sudah bekerja di perusahaan lain, maka pertanyaan ini pasti di tanyakan dalam interview. Sedangkan dalam menjawabnya, silahkan Anda memilih jawaban yang positif-positif saja dan usahakan tetap menjaga nama baik semua pihak. Di samping itu, silahkan Anda sampaikan pula bahwa Anda memiliki niat menggunakan kesempatan baru untuk menjalani pengalaman yang baru pula.

4. Mengapa Ingin Bergabung Dengan Kami

Untuk pertanyaan yang satu ini sebenarnya Anda harus berhati-hati. Usahakan pula ketika menjawabnya Anda menggunakan jawaban yang bijaksana. Usahakan pula bahwa orientasi yang di jadikan sorotan bukan hanya masalah uang. akan tetapi tetap harus dengan jawaban apa adanya. Hanya saja usahakan di sampaikan dengan lebih tepat.

5. Kenapa Kami Harus Memperkerjakan Anda

Sebenarnya Anda pun harus berhati-hati dalam menjawab yang satu ini. pada umumnya memang pertanyaan ini di jawab dengan mengutarakan kelebihan yang dimiliki. Akan tetapi satu hal yang perlu di perhatikan adalah jangan sampai over atau berlebihan. Terlebih lagi jika sampai menanyakan merendahkan skill orang lain. hal tersebut perlu dihindari.

Demikianlah ulasan mengenai pertanyaan interview pada umumnya. Setelah mengetahuinya silahkan persiapkan interview Anda. akan tetapi jika belum melakukan pelamaran pekerjaan, pastikan dulu bahwa semua tahap awal lancar termasuk untuk administrasi. Usahakan Anda menyertakan surat lamaran yang bagus. Untuk itu Anda bisa mulai mencari contoh surat lamaran kerja terlebih dahulu. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply