Pertanian Hidroponik dan Cara Pengaplikasiannya

Pertanian hidroponik merupakan suatu metode atau sistem pertanian yang saat ini cukup banyak digemari oleh banyak orang. Teknik menanam atau bertani dengan sistem ini merupakan teknik pertanian dengan menggunakan media air atau bukan media tanah.

Dengan teknik pertanian ini kita masih tetap bisa menanam berbagai macam jenis pertanian pada umumnya seperti tanaman buah ataupun tanaman sayur mayur bahkan bunga pun bisa ditanam dengan menggunakan sistem pertanian model seperti ini. ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan jika kita menggunakan sistem pertanian hidroponik.

Salah satunya adalah tanaman yang ditanam akan terbebas dari hama dan juga penyakit yang biasanya sering menyerang suatu tanaman. Ini karena dengan menggunakan metode seperti ini bisa membuat dan juga mempermudah petani atau penanam pohon dalam mengendalikan hama atau penyakit yang menyerang tanaman tersebut.

Menanam dengan metode hidroponik juga merupakan suatu teknik penanaman tanaman yang sangat ramah lingkungan, ini karena dengan menanam tanaman menggunakan metode ini tidak perlu untuk menggunakan pestisida ataupun herbisrida yang merupakan bahan kimia dan sangat tidak ramah lingkungan.

Pertanian hidroponik ini mulai banyak dilakukan di kota-kota besar yang hanya memiliki lahan pertanian yang terbatas dan media tanam yang terbatas juga. Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik ini. yang pertama misalnya :

Selada

Selada merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat tepat bila ditanam dengan menggunakan sistem penanaman hidroponik. Apalagi jika tanaman selada tersebut ketika waktu yang sudah tepat dipindahkan ke suatu media utama dan juga tidak lupa diberi nutrisi pendukung untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan selada tersebut.

Mentimun

Timun merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Timun juga bisa ditanam menggunakan sistem hidroponik, namun untuk menanam timun dengan metode hidroponik membutuhkan perhatian khusus agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut dapat berjalan dengan baik.

Buah-buahan

Siapa bilang hanya tanaman jenis sayuran yang bisa ditanam menggunakan metode hidroponik. Tanaman buah pun bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Beberapa jenis tanaman buah-buahan seperti melon, cabe kemudian tomat dan mentimun adalah beberapa contoh buah-buahan yang sangat cocok jika ditanam menggunakan sistem hidroponik.

Sayur bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak sekali peminatnya di Indonesia, hal ini karena bayam memiliki banyak sekali gizi yang terkandung di dalamnya seperti adanya zat besi yang bisa membuat tubuh lebih bersetamina. Untuk menanam bayam menggunakan sistem hidroponik sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan perhatian khusus hanya saja cukup diberi nutrisi secara berkala.

Itulah beberapa jenis dan contoh berbagai tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan sistem pertanian hidroponik.

Pertanian hidroponik banyak sekali memberikan manfaat dan efisiensi sistem pertanian. Jika ini diterapkan kepada setiap jenis pertanian di Indonesia maka akan sangat bermanfaat bagi para petani di Indonesia nantinya.  Kelebihan yang pertama adalah petani bisa lebih meminimalkan penggunaan pupuk. Luasan lahan pertanian menjadi lebih besar karena sama sekali tidak menggunakan media tanah.

Bisa terbebas dari hama dan penyakit, karena biasanya hama atau penyakit berasal dari tanah. Dapat mengecek pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara rutin karena dengan menggunakan metode tanam hidroponik kita bisa melihat langsung perkembangan akar tanaman tersebut secara berkala. Itulah penjelasan mengenai sistem penanaman tanaman hidroponik yang sangat banyak manfaatnya.

Leave a Reply