Ladies! Ini Penyebab Keputihan yang Sering Kita Lupakan

Penyebab keputihan – Bagi para wanita, keputihan menjadi sesuatu hal yang wajar terjadi. Namun, Anda juga perlu mewaspadai keputihan yang tidak wajar dan berlebihan. Apalagi hal ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Beberapa tanda bahwa keputihan tidak normal di antaranya warnanya yang berubah menjadi kecokelatan dan disertai darah, lalu bau yang tidak sedap, serta Anda merasa gatal-gatal pada area vagina. Banyak hal yang menjadi penyebab keputihan, di antaranya:

1. Berendam di air hangat terlalu lama

penyebab keputihan normal

brilio.net

Bagi Anda yang gemar berendam menggunakan air hangat, sebaiknya untuk mengurangi kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Berendam di air hangat pada waktu yang lama bisa menjadi penyebab keputihan.Mengapa hal itu bisa terjadi?

Kondisi area vagina yang lembap ditambah dengan kondisi hangat yang didapatkan dari air tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan jamur semakin meningkat. Hal itu menjadi penyebab keputihan yang tidak wajar atau terlalu banyak.

Sebaiknya Anda jangan berendam menggunakan air hangat pada waktu yang lama bahkan hingga berjam-jam. Anda dapat mandi secukupnya dan membersihkan area vagina menggunakan air hangat namun tidak dengan berendam yang terlalu lama.

2. Menggunakan celana dalam yang terlalu ketat

penyebab keputihan tidak normal

bydeals.net

Penyebab keputihan satu ini mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Jika Anda menggunakan celana dalam yang terlalu ketat, hal itu bisa menjadi penyebab keputihan. Jika Anda menggunakan celana dalam ketat, maka pertumbuhan jamur bisa meningkat.

Pertumbuhan jamur yang banyak dan kondisi celana ketat yang menyebabkan area vagina menjadi lembap adalah penyebab Anda menjadi keputihan secara berlebihan. Sebaiknya pilihlah bahan celana dalam yang nyaman seperti katun dan mampu menyerap keringat.

Hal itu bisa mengurangi keputihan yang berlebihan dan membantu menjaga kebersihan di area kelamin. Gunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan upayakan juga agar tidak sering menggunakan celana jeans yang juga sangat ketat.

Kondisi lembap menjadi penyebab munculnya bakteri dan penyebab pertumbuhan jamur pada area kewanitaan yang menyebabkan terjadinya keputihan. Mulai sekarang, perhatikan pakaian yang Anda kenakan termasuk celana dalam. Pilihlah bahan yang lembut dan bisa menyerap keringat.

3. Hamil muda

Jika  sering mengalami keputihan, maka bisa jadi itu merupakan ciri ciri hamil muda. Kondisi hamil muda memang bisa menjadi penyebab keputihan. Keputihan pada masa kehamilan merupakan hal normal, namun Ada juga yang bersifat tidak normal.

Jika Anda merasa gatal dan keputihan tersebut menyebabkan bau, maka keputihan tersebut bisa dikatakan tidak normal. Anda bisa langsung konsultasi dengan dokter kehamilan Anda jika mengalami situasi tersebut.

Anda bisa melakukan beberapa upaya perawatan sendiri ketika mengalami keputihan saat hamil muda. Hal paling utama adalah selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan secara rutin. Lalu mengganti celana dalam dengan bahan yang katun dan bisa menyerap keringat.

Sebaiknya Anda juga menghindari untuk menggunakan pantyliner karena bisa menyebabkan kuman dan jamur berkembang dengan mudah. Selain itu, sebaiknya Anda tidak berendam menggunakan air hangat terlalu lama..

4. Aktivitas seksual yang berlebihan

Aktivitas seksual yang berlebihan juga menjadi penyebab keputihan lainnya. Mengapa bisa demikian? Aktivitas tersebut mengakibatkan banyaknya sel-sel mati yang meningkat dan pada akhirnya menyebabkan keputihan.

Anda bisa mendiskusikan hal tersebut dengan pasangan agar dapat berhubungan intim secara bijak dan tidak berlebihan. Hal ini juga demi kenyamanan dan keamanan bersama karena menyangkut kesehatan organ intim Anda. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari cara mengatasi keputihan agar aktivitas anda tidak terganggu.

Leave a Reply