Oleh-oleh Khas Surabaya yang Enak dan Lezat, Wajib Coba !!

Oleh oleh Khas Surabaya – Surabaya adalah ibukotanya Provinsi Jawa Timur. Surabaya juga termasuk 5 kota besar di Indonesia. Ada banyak tempat wisata di Surabaya yang wajib kamu kunjungi. Tak lengkap rasanya jika setelah liburan di Surabaya tapi tidak membawa oleh-oleh khas Surabaya untuk keluarga.

Bagi kamu pencinta kuliner tentunya akan lebih pas kalau kamu membawa kuliner khas Surabaya ke rumahmu untuk berbagi dengan keluarga dan teman. Kamu nggak usah bingung mau bawa oleh-oleh apa di Surabaya, jawabannya sudah pasti adalah makanan karena kota pahlawan ini merupakan salah satu surga makanan di Indonesia.

Berikut oleh-oleh khas Surabaya yang saying jika tak membawanya sebagai buah tangan.      

  1. Sambal Udang Bu Rudy

Sambal Udang Bu Rudy

Bagi kamu yang suka dengan cita rasa pedas, sambal udang bu Rudy inilah oleh-oleh yang paling  tepat untuk kamu bawa pulang. Sambal Bu Rudy terkenal akan kelezatan dan pedas yang bikin kamu ingin tambah terus menerus.

Selain sambal merah yang menjadi khasnya, tersedia juga sambal hijau dan sambal udang lainnya. Kamu bisa menemukan Sambal Bu Rudy di berbagai swalayan di Surabaya atau kamu bisa langsung mengunjungi Depot Bu Rudy di Jl. Dharmahusada No. 140, Surabaya.

  1. Lapis Kuku Surabaya Pahlawan

Lapis Kuku Surabaya Pahlawan

Berbeda dengan kue lapis pada umumnya yang ada di pasaran, kue ini menggunakan bahan baku singkong yang diolah menjadi kue dengan cara dikukus dan dipadukan dengan rasa coco pandan dan krim + keju di atasnya

  1. Spikoe Resep Kuno

oleh oleh khas surabaya Spikoe Resep Kuno

Jangan merasa aneh dan bingung dengan namanya. Spikoe Resep kuno adalah kuliner kue lapis lezat yang menggunakan resep masakan kuno. Walhasil cita rasanya sungguh autentik dan tidak bisa didapatkan di tempat lainnya.

Kue spikoe ini sudah ada sejak tahun 1976, namu sempat tutup pada tahun 1982 dan buka kembali tahun 2002. Spikoe Resep Kuno yang beralamat di Jalan Rungkut Madya 41 ini terdiri dari dua paket yaitu reguler dan spesial. Paket spesial biasanya tersedia pada hari raya Idul Fitri, Natal dan Imlek.

  1. Oleh oleh khas surabaya Almond Crispy

 

Almond Crispy

Almond crispy merupakan jajanan yang sedang hits di Surabaya. Meski awal kemunculannya masih belum cukup lama, namun almond crispy berhasil menjadi primadona oleh-oleh khas Kota Pahlawan ini.

Berbentuk biskuit tipis dan renyah dengan taburan almond dan keju, menjadikan Almond Crispy oleh-oleh favorit dari Surabaya. Beragam rasa yang bisa kamu temukan dari Almond Crispy yaitu matcha (green tea), original, dan cokelat.

Kamu bisa beli Almond Crispy di pusat oleh-oleh Jl. Raya Jemur Sari No. 164, Surabaya.

  1. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran

Ada beberapa orang yang nggak bisa makan tanpa hadirnya cemilan satu ini yaitu, kerupuk. Di Surabaya ada kerupuk kenjeran yang bisa kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung di Surabaya.

Jika anda melewati Jalan Sukolilo atau kawasan sekitar Pantai Kenjeran, dari jauh anda sudah bisa mencium aroma khas kerupuk yang dijual di sini. Kerupuk ini dijual dalam keadaan mentah dan juga siap santap. Kerupuk terdiri dari beragam warna sesuai dengan bahan utamanya seperti hitam untuk kerupuk cumi, hijau untuk kerupuk rumput laut dan cokelat untuk kerupuk kerang.

  1. Siropen Telasih

Siropen Telasih

Surabaya telah memiliki minuman khas yang menyegarkan sejak tahun 1923, Siropen Telasih. Siropen Telasih memiliki beberapa rasa seperti rasa cocopandan, mawar, drambosen, vanili hingga rasa jeruk keprok yang mengangkat kearifan lokal.

Dahulu, hanya kaum bangsawan yang bisa menikmati Siropen Telasih ini. Minuman yang diproduksi di Jalan Mliwis ini tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali. Hal inilah yang membuat Siropen Telasih memiliki rasa yang khas dan nikmat.         

  1. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro

Ada banyak penjual abon sapi di Surabaya, tapi yang paling terkenal adalah Abon Sapi Padmosusastro (jalan Padmosusastro). Abon biasanya identik dengan rasa manis, tapi beda lho dengan Abon Sapi Padmosusastro. Abon Sapi khas Surabaya ini menyediakan dua rasa yaitu pedas dan manis.

Itulah informasi seputar Oleh-oleh Khas Surabaya yang Paling Terkenal dan Terlezat yang bisa anda bawa untuk keluarga ataupun teman. Bijaklah dalam memilih oleh-oleh yang ingin anda bawa pulang. Jangan berlebihan saat belanja dan pastikan sesuai dengan budget anda.

Leave a Reply