Manfaat Sholat Lima Waktu

Manfaat Shalat – Di antara kita pasti banyak yang kerap menunda shalatnya. Seberapa sering kita menunda shalat wajib lima waktu atau malah melewatkannya? Ada saja alasan yang kita gunakan untuk menunda shalat wajib lima waktu yang setelah ditunda-tunda justru malah terlupakan.

Padahal, kita tentu tahu, bahwa shalat merupakan tiang agama. Shalat termaktub dalam rukun Islam yang kedua, tepat setelah syahadat. Karenanya, jangan pernah anggap remeh shalat lima waktu. Bayangkan saja, ini perintah Allah yang paling utama, tapi kita masih saja mengulurnya, bahkan tidak melakukannya.

Tahukah Anda, terdapat rahasia luar biasa di balik shalat tepat waktu? Ya, ada banyak manfaat shalat yang paling utama jika kita menunaikan shalat di awal waktu. Apa sajakah keutamaan tersebut? Yuk, simak informasinya berikut ini sebagai introspeksi untuk diri kita.

4 Manfaat Shalat di Awal Waktu

khasiat sholat lima waktu

waktuku.com

1. Bentuk Ketaatan Kepada Allah

Shalat bukan hanya semata-mata tiang agama bagi diri sendiri, melainkan juga tanggung jawab seorang muslim/muslimah kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan shalat di awal waktu, Anda telah menunjukkan salah satu bentuk manfaat shalat, yaitu taat kepada Allah.

Seseorang yang terbiasa shalat di awal waktu akan senantiasa shalat tepat pada waktunya lima kali sehari. Kalau sudah begini, maka setiap anggota tubuh, bahkan sistem saraf di otak akan terbiasa mentaati perintah Allah yang utama ini. Hal ini tentu akan membawa kebahagian sepanjang hayat.

Hubungan erat antara shalat dan ketaatan kepada Allah termaktub juga dalam QS. 58: 13:

“Maka dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”

2. Mendapatkan Pahala dari Ibadah Shalat

Tanpa kita mengharapkannya, Allah memang telah menjanjikan pada hamba-Nya pahala yang besar untuk shalat wajib, apalagi yang dijalankan di awal waktu. Manfaat shalat yang satu ini juga termaktub dalam QS. Al-Baqarah: 277, yang berbunyi:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal shaleh, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat, mereka mendapatkan pahala di sisi Allah. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”.

3. Jauh dari Keburukan

manfaat shalat

islamudina.com

Salah satu manfaat shalat lainnya adalah mampu mencegah sekaligus menjauhkan kita dari perbuatan buruk. Dengan shalat yang khusyu’, akan terjalin pertalian yang erat antara Anda dengan Sang Maha Kuasa. Semakin lama akan semakin tertanam dalam diri Anda rasa takut pada Allah.

Rasa takut ini karena Anda merasa, bahwa segala sesuatu yang Anda kerjakan selalu dilihat-Nya. Karenanya, jika ingin melakukan suatu kemaksiatan, Anda pasti akan berfikir ulang. Hal ini tentu saja akan mengurungkan niat Anda untuk berbuat keburukan yang hanya mendapatkan dosa.

4. Meningkatkan Ketakwaan

Manfaat shalat yang utama selanjutnya adalah dapat meningkatkan ketakwaan bagi mereka yang menjalankannya. Semakin kita shalat di awal waktu, semakin hati tingkat ketakwaan seorang manusia akan semakin tinggi. Ia akan senantiasa takut kepada Allah SWT dan meninggalkan segala kemaksiatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Takwa merupakan bekal manusia yang paling utama yang termaktub dalam QS. Al Baqarah ayat 197 yang memiliki arti sebagai berikut, “Dan sesungguhnya, sebaik-baiknya bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku, wahai orang-orang yang berakal”.

Mengapa demikian? Sebab, Allah berfirman dalam surat Al Hujarat ayat 13, bahwa setiap orang yang bertakwa akan senantiasa meraih kemuliaan di sisi Allah SWT. Ia akan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Leave a Reply