Manfaat Kulit Jeruk

Kulit jeruk merupakan salah satu bahan alami perawat wajah yang masih sering diabaikan keberadaannya. Hal ini dikarenakan munculnya mindset bahwa kulit buah hanyalah sampah dan selalu berakhir di tempat pembuangan.

Padahal, seandainya banyak orang menyadari khasiat kulit bewarna kuning keoranyean ini, kemungkinan besar akan menyimpannya supaya tidak mudah busuk dan layu.

manfaat kulit jeruk untuk rambut

Tidak menampik bahwa kulit jeruk pada umumnya lebih sering digunakan sebagai pewangi makanan dan bahan pengusir nyamuk. Namun, buat kamu yang suka bingung ketika punya kulit jeruk mau diapain, ada baiknya digunakan untuk merawat wajah setiap hari.

Agar tidak mudah layu, kamu bisa kon menyimpannya di dalam plastik kedap udara lalu diletakkan di dalam kulkas. Nah, kalau udah keluarin lalu dibuat masker deh!

Manfaat kulit jeruk untuk wajah

Salah satu khasiat terbesar yang dimiliki oleh kulit jeruk adalah mampu digunakan sebagai perawatan wajah atau bisa disebut dengan skincare yang bersifat natural.

Kenapa bisa begitu? Sebab, treatment wajah ini mampu mendatangkan banyak perubahan pada wajah meski memerlukan waktu yang tidak sebentar, antara lain adalah

1. Mencerahkan wajah

Kulit jeruk mengandung banyak vitamin C seperti buahnya, selain itu ada pula magnesium dan potasium yang berfungsi menjaga kesehatan kulit wajah maupun tubuh secara alami.

Untuk mencerahkan wajah ini, kamu bisa mengolah kulit jeruk menjadi serbuk halus seperti bubuk kayu manis.

Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga kering lalu diblender sampai halus menjadi serbuk atau bubuk. Nah, bubuk itu lalu dicampurkan dengan kunyit (tambahkan sedikit air) atau madu lalu digunakan untuk masker wajah.

2. Memutihkan kulit

Cara memutihkan wajah menggunakan kulit jeruk juga sama halnya dengan nomor satu, yakni dipakai sebagai masker. Hanya saja, beberapa bahan seperti oatmeal dan tepung beras bisa ditambahkan supaya kulit wajah tampak putih dan berseri.

3. Menghaluskan kulit wajah

manfaat kulit jeruk keprok untuk kecantikan
Daripada kamu capek atau repot mencari penghalus wajah, kulit jeruk ampuh banget lho menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam yang membandel.

Untuk membuat masker ini, kulit jeruk juga bisa diparut lalu campurkan dengan putih telur. Kemudian balurkan ke wajah secara merata seperti memakai masker pada umumnya.

4. Bagus untuk Eksfoliasi

Sudah tahu belum kalau Eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan bubuk kulit jeruk? Cukup tambahkan dengan bubuk susu kambing dan beri sedikit air, lalu coba scrubbing wajah secara perlahan maka sel-sel kulit mati serta komedo akan menghilang.

Manfaat kulit jeruk untuk gigi

manfaat kulit jeruk purut untuk diabetes

Kalau penampilan wajah sudah oke, maka beralih ke penampilan dalam sebagai pendukung yang juga harus dirawat. Selain buah strawberry, kulit jeruk mengandung magnesium dan potasium yang mampu untuk memutihkan gigi kuning.

Perlu kita ketahui ya bahwa perubahan warna gigi menjadi kuning adalah pertanda bahwa ia mulai tidak sehat dan harus dibersihkan.

Nggak perlu putih banget, tetapi cukup seperti putih tulang atau putih susu. Nah, kulit jeruk di sini nggak perlu harus dibikin atau diolah menjadi bubuk, tapi cuku digosokkan ke seluruh bagian gigi secara perlahan.

Ingat, buat kamu yang punya gigi sensitif, ada bagusnya tidak menggunakan kulit jeruk tetapi pilihlah bahan lain seperti kayu siwak yang bersifat lebih aman dan netral untuk gigi.

Merawat diri menggunakan bahan alami memang dinilai sebagai upaya pencegahan sekaligus perbaikan yang mendatangkan banyak manfaat, sehingga tidak ada salahnya dari sekarang mulai memerhatikan penampilan dari ujung kepala hingga kaki.

Leave a Reply