Pengertian dan Fungsi Manajemen Perusahaan

Manajemen Perusahaan – Bagi anda yang bekerja di sebuah perusahaan nampaknya tidak lagi asing dengan istilah manajemen. Tetapi bagi sebagian orang nampaknya masih awam dengan kata–kata ini. Apa sih arti dari kata itu? Manajemen adalah kata serapan dari bahasa Inggris yaitu manage, yang artinya adalah mengelola. Jadi manajemen perusahaan adalah mengelola perusahaan atau mengendalikan perusahaan.

http://modulmakalah.blogspot.com

Definisi lain manajemen ialah seni untuk mengatur atau mengarahkan orang lain dalam rangka untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dan utama bagi sebuah organisasi. Manajemen begitu sangat penting untuk dilakukan karena manajemen merupakan nyawa bagi sebuah perusahaan. Tanpa manajemen yang baik maka perusahaan akan amburadul dan bangkrut. Sebuah perusahaan yang sukses tentunya  mempunyai sistem manajemen perusahaan yang bagus dan sebaliknya. Begitu pentingya manajemen hingga perusahaan model apapun harus ada untuk mencapai tarjetnya.

Kemudian mari kita lanjutkan ke pembahasan tentang fungsi manajemen, khususnya manajemen perusahaan.

Fungsi Manajemen Perusahaan

http://rocketmanajemen.com

Menurut sebuah buku yang berjudul “The Professional Management” yang di tulis oleh Louis A. Alen, manajemen mempunyai fungsi utama sebagai berikut yaitu, (Leading) memimpin, (Planning) merencanakan, dan (organizing) menyusun.

Leader

Leader atau memimpin yaitu sebuah manajemen perusahaan mempunyai seorang manajer yang fungsinya adalah untuk memimpin agar orang yang dibawahinya dapat mencapai target perusahaan yang sudah ditetapkan. Fungsi khususnya yaitu, mengambil keputusan, melakikan komuikasi, memberi motifasi,memilih orang, dang mengebangkan kemampuan orang lain yang berada pada jajaranya.

Planning

Planning atau merencanakan, seorang manajer pada manajemen perusahaan harus sangat mahir dalam hal perencanaan, didalam perencanaan inilah maka manajer memimpin untuk merencanakan target perusahaan dan bagaimana memenuhi target itu.

Tugas utama dalam perencanaan ini adalah meramalkan kegiatan dan pencapaian target untuk waktu yang akan datang, membuat target dan sasaran, membuat rencana program dalam rangka pencapaian target. Dlam pencapaian target ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, mengatur waktu untuk pelaksanaan kegiatan, menyusun rencana anggaran, membuat SOP (Standart Operational Procedure) tentang pelaksanaan pekerjaan, kemudian adalah mentaksir dan menentukan kebijakan–kebijakan pelaksanaan pekerjaan.

Organizing

Organizing atau penyusunan suatu pekerjaan atau mengaturnya untuk menjadikan sebuah pekerjaan menjadi efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai target. Dalam hal ini juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu mendesain struktur organisasi, hal ini digunakan untuk menjelaskan alur organisasi dan menjeaskan siapa yang harus bertanggungjawab kepada siapa.

Selanjutnya adalah pembagian tugas, pembagian tugas ini sesuai dengan fungsi jabatan yang sudah di atur dalam struktur organisasi untuk mencapai sasaran atau target yang sudah ditentukan, kemudian adalah menetapkan pertanggungjawaban untuk hasil yang dicapai, selanjutnya yaitu menetapkan hubungan–hubungan yang membedakan sesuai strukturorganisasi, misalkan antara atasan dan staffnya dan sebagainya. Dan yang terakhir adalah mentaksir hal – hal yang di anggap efektif dan efisien dengan pemanfaatan sumberdaya manusia dalam rangka utuk mencapai target sasaran.

Controlling

Controlling atau pengawasan, fungsi manajemen perusahaan yang selanjutnya adalah melakukan pengawasan, pengendalian, dan pengamatan meliputi atas perkembangan perusahaan, pengukran hasil pekerjaan, perbaikan  dan pengkoreksian hasil pekerjaan.

https://uangteman.com

Seorang manajer harus memiliki kemampuan manajemen perusahaan seperti di atas dan harus mampu menerapkanya dalam rangka untuk mencapai target perusahaan. Untuk mencapai target perusahaan selain penguasaan atas beberapa hal di atas, seorang manajer harus melakukanya sesuai dengan prinsip–prinsip manajemen perusahaan agar dapat mencapai target dengan baik dan sukses.

Itulah beberapa hal tentang manajemen perusahaan, semoga yang demikian dapat menambah wawasan kita tentang manajemen perusahaan yang baik.

Leave a Reply