Minuman dan Makanan Saat Hujan yang Enak dan Bikin Hangat Badan

Makanan Saat Hujan – Bulan September telah tiba, bulan dimana turunnya hujan di sebagian besar daerah-daerah di Indonesia. Saat musim hujan, udara menjadi dingin dan membuat kita malas untuk gerak.

Selain bikin malas, perut kita juga jadi gampang lapar. Jika sudah begini kita mesti mencari makanan dan minuman yang hangat-hangat dan juga bikin kenyang. Makanan apa itu?

Kali ini, kami akan memberikan daftar minuman dan makanan saat hujan yang bisa anda coba.

1. Mi Rebus

makanan saat hujan

Gampang bikinnya, murah harganya. Kebanyakan orang akan memilih mie instan untuk menemani kedinginan di kala hujan turun. Alasan utamanya karena untuk memasaknya tidak membutuhkan skill khsusus.

Kamu tinggal masukan ke dalam air panas dan masukan bumbu-bumbunya. Jika masih kurang, kamu bisa menambahkan sayur sawi, telur dan irisan cabai.

2. Bakso

makanan saat hujan yang enak

Bersyukurlah kamu yang tinggal di Indonesia. Karena berbagai macam makanan tersedia di sini. Salah satunya dan menjadi favorit adalah bakso. Campuran daging kenyal, sayur dan kuah hangatnya mampu mengusir dingin di saat hujan.

Bakso juga gampang ditemukan, karena hampir setiap jalan,banyak abang-abang bakso yang jualan.

3. Jagung Rebus dan Bakar

makanan saat hujan yang bikin kenyang

Makanan saat hujan yang ketiga adalah jagung bakar atau rebus. Selain sehat, jagung juga bikin perut kita kenyang.

4. Pisang Goreng

makanan saat hujan yang bikin hangat

Berikutnya adalah pisang goreng. Makanan ini bisa kamu nikmati saat hujan ditemani dengan segelas kopi atau teh.

Ada beberapa perbedaan untuk menikmati pisang goreng ini. Jika di Manado, pisang goreng dinikmati dengan sambal dabu-dabu dan sambal roa. Sedangkan orang Jawa lebih senang disantap langsung.

5. Kacang Rebus

Meskipun tidak bikin kenyang, kacang rebus bisa menjadi cemilan yang cocok saat hujan tiba. Apalagi jika kamu sedang di jalan dan terjebak macet, kacang goreng patut kamu coba.

6. Soto

Selain Bakso yang menjadi makanan favorit banyak orang, soto juga demikian. Makanan ini sangat enak disantap ketika musim hujan. Campuran suwiran daging ayam, ketupat, telur rebus, sambal kacang dan kuah kaldu hangatnya mampu menghangatkan badan.

7. Sop

Sop menjadi makanan saat hujan nomor 7. Ada beberapa jenis sop yang bisa kamu nikmati saat hujan. Seperti sop ayam, sop sayur, sop kental dan sop seafood. Tinggal pilih selera kamu yang mana.

8. Wedang Ronde

Jika kamu tinggal di Jogja, pasti tak asing dengan minuman ini. Wedang Ronde cocok sekali dinikmati saat hujan bersama dengan kue kering misalnya kue nastar dan astor.

Selain enak, minuman ini juga bisa membuat tubuh kamu bugar. Ini karena bahan-bahan untuk membuatnya. Satu porsi wedang ronde mangandung tepung ketan, kacang tanah, kolang-kaling, dan air jahe (ditambah sedikit gula).

9. Wedang Jahe

Selain wedang ronde, ada juga wedang jahe untuk menghangatkan badan kamu. Wedang jahe bisa kamu buat sendiri di rumah. Siapkan saja jahe, lalu cuci bersih dan tumbuk-tumbuk.

Selanjutnya masukan ke dalam gelas dan masukan air panas. Tambahkan gula secukupnya agar rasanya manis.

10. Bajigur

Bajigur adalah minuman khas Sunda yang terbuat dari bahan gula aren dan santan. Namun, biasanya ditambahkan jahe, garam dan bubuk vanilli untuk menambah rasa dan kenikmatannya.

Biasanya Bajigur disandingkan dengan bandrek, ubi rebus, kacang rebus dan klepon. Dalam penyajiannya juga sering ditambahkan kolang-kaling yang dipotong tipis-tipis.

Nah itu tadi minuman dan makanan saat hujan yang bisa anda nikmati saat udara dingin. Punya daftar yang lain? silahkan komen di bawah ya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk share sebanyak-banyaknya.

Leave a Reply