Makanan Khas Daerah Maluku

Makanan Khas Maluku – Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai macam makanaan yang luar biasa. Makanan ini tersebar dari sabang hingga merauke karena setiap daerah memiliki cita rasa masing-masing yang tak akan ditemukan di negara lain.

Salah satu daerah yang sangat terkenal akan makanannya merupakan malukum daerah maluku ini tak hanya terkenal dari sektor pariwisatanya saja karena wisata kuliner yang terdapat di maluku juga tak ada tandinganya.

Makanan khas maluku yang menggoda

1. Papeda

makanan khas maluku

merahputih.com

Mungkin saat mendengar nama makanan yang satu ini sudah tak asing lagi. Pasalnya, makanan khas Maluku ini sudah beredar di segala tempat di Indonesia. Biasanya, papeda hadir dalam segi bentuk jajanan ringan yang dijual di sekolah.

Namun, papeda khas Maluku ini sangat berbeda dengan papeda yang ada di sekitaran kita. Papeda khas Maluku ini terbuat dari bubur sagu seacra utuh. Tak hanya di Maluku saja karena makanan ini juga tersedia di Papua.

Papeda biasanya disajikan dalam bentuk bubur bersama dengan ikan tongkol yang akan menambah cita rasa kelezatannya. Selain ikang tongkol, mubara juga bisa menjadi teman setia papeda bersama dengan bumbu khasnya yaitu kunyit.

Papeda ini memiliki tekstur yang lengket seperti lem dengan warna putih. Makanan ini memiliki rasa tawar yang menggelegar. Papeda merupakan makanan sehat yang rendah kolesterol dan banyak serat serat memiliki cukup banyak nutrisi.

2. Ikan komu asar

Selain papaeda, ikan komu asar juga merupakan salah satu makanan khas Maluku yang terkenal. Ikan komu asar ini merupakan makanan nusantara yang disajikan dengan menggunakan bahan dasar berupa ikan tongkol yang siap menggoyang lidah Anda.

Ikan tongkol sebagai bahan dasarnya dibuat dengan cara ditusuk baik itu nantinya diasap atau pun dibakar hingga matang. Makanan ini juga diramu dengan bumbu-bumbu yang unik yang akan menambah rasa gurih dan juga nikmat dalam setiap sajiannya.

Ikan ini bisa juga dibuat dengan menggunakan ikan tuna. Bumbu yang biasanya digunakan adalah bumbu sederhana seperti gara, bawang merah, bawang putih, tomat, dan juga penyedap rasa. Jangan lupakan juga terhadap daun pisang sebagai pembungkusnya.

3. Talam sagu bakar

kuliner maluku

salingamanah.com

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah talam sagu bakar. Makanan ini dibuat dari bahan dasar sagu yang memiliki rasa manis. Bumbu yang digunakan juga merupakan bumbu kasha Maluku yaitu kenari.

Makanan ini begitu legit saat diciipi dan juga dinikmati. Cara pembuatanya juga sangat mudah dimana sagu yang telah direndam kemudian dihaluskan dan dicampur dengan gula merah. Tak lupa ditambah dengan berbagai macam toping di atasnya dan dibakar hingga kering.

4. Sagu woku komo-komo

Makanan khas Maluku ini memang tak bisa terlepas dari yang namanya bahan dasra sagu. Mungkin saat mendengar namanya, orang akan menyangka jika makanan ini berasal dari Jepang. Namun, nyatanya makanan ini berasal dari Ambon.

Bahan dasar makanan ini terdiri dari jeroan ikan yang dibumbui dengan jahe, serai, bawang putih, dan juga dicampur dengan daun woku. Sehingga menghasilkan makanan khas yang berbeda dari jenis makanan yang lain.

Bagi Anda yang berwisata di Maluku, maka jangan lupakan dan juga jangan hiraukan beberapa makanan khas Maluku ini. hal tersebut dikarenakan, belum lengkap rasanya jika belum mencoba makanan khas Maluku yang memiliki cita rasa yang sangat menggoda dan juga nendang di lidah kita.

Leave a Reply