Tren Kaos Oblong dari Masa ke Masa yang Masih Digemari

Sama halnya dengan tren musik, fashionpun akan terus berubah mengikuti perkembangan jaman. Tak terkecuali dengan tren kaos oblong dari masa ke masa yang juga ikut berkembang.

Kaos oblong  mulai dikenal sejak tahun 1970an dan terus berkembang sampai sekarang. Kaos oblong merupakan salah satu jenis atasan yang berbahan dasar kain kaos dengan desain yang simpel.

Desain kaos oblong biasanya hanya kerah berbentuk lingkaran dan lengan pendek. Termasuk ke dalam salah satu atasan favorit masyarakat karena dinilai nyaman digunakan terutama ketika bekerja di luar ruangan.

Tren di tahun 1947

Image Source: alicdn.com

Tidak ada dengan jelas kapan dan dimana kaos oblong  pertama kali dibentuk, namun kaos oblong pernah dipakai tentara Inggris dan Amerika sebagai training shirt sehingga dalam bahasa inggris disebut tshirt.

Kemudian mulai populer sejak tahun 1947 ketika dipakai oleh Marlon Brando yang seorang artis. Dia menggunakannya saat memerankan tokoh Stanley Kowalsky.

Tren di Tahun 1960an

Pada tahun 1960an model kaos oblong yang menjadi tren adalah model kaos ringer. Kaos ini menjadi simbol dari musik yang saat itu juga sedang tren yaitu musik rock n roll.

Kebanyakan yang menggunakan kaos ringer adalah para pemuda dan pemudi yang menggemari musik. Mereka menggunakan kaos untuk menunjukkan bahwa mereka penggemar sebuah band.

Tren di Tahun 1970an

Tren kaos oblong dari masa ke masa memang masih diikuti meskipun sudah ada berbagai jenis atasan baru dengan model yang berbeda-beda.

Mulai dari tahun 1970an sejak pertama kali populer di Indonesia. Di masa ini yang paling populer digunakan adalah kaos oblong yang ketat.

Tren di Tahun 1980an

Pada tahun 1980an kaos oblong adalah busana wajib bagi kaum muda di Indonesia. Kepopuleran kaos di Indonesia pada tahun 1980an ditandai dengan munculnya berbagai industri konveksi kaos.

Tren kaos terpopuler di tahun 1980an adalah model yang tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar. Model normal memang lebih cocok dipadankan dengan berbagai macam jenis bawahan atau celana.

Tren di Tahun 1990an

Di tahun 1990an tren kaos oblong yang paling  populer adalah kaos oversized, banyak wanita yang menggunakan kaos jenis ini kemudian dipadankan dengan celana besar atau celana pendek. Kaos oversized atau yang kebesaran jika dipakai memang sangat populer di tahun 1990an.

Tren di Tahun 2014-2015

Kaos oblong yang menjadi tren di tahun 2014-2015 adalah kaos oblong model pendek atau yang juga kita kenal dengan istilah crop top. Kaos jenis ini akan dipadankan dengan celana jeans yang juga ngetren di tahun 2014-2015, wanita merupakan pengguna yang paling banyak.

Tren di Tahun 2016-2017

Di tahun 2016-2017 muncul kembali tren kaos oblong yang pernah populer di jaman dulu yaitu kaos oversized. Pada tahun 2014 hingga 2015 memang banyak sekali tren tahun 1970an hingga 1990an yang dimunculkan kembali dan menjadi hits termasuk dengan kaos oblong.

Tren Saat Ini

Tidak hanya di Indonesia kaos oversized yang pernah tren di tahun 1970an juga digunakan oleh kalangan artis baik dalam maupun luar negeri. Sedangkan saat ini tren kaos oblong adalah yang memiliki desain unik dan menarik seperti kaos dengan typography atau kaos dengan motif unik.

Itulah tren kaos oblong dari masa ke masa yang tidak pernah ditinggalkan dan selalu menjadi fashion favorit masyarakat. Kaos memang menjadi fashion ternyaman yang bisa digunakan ketika bepergian maupun bersantai di rumah.

 

Leave a Reply