Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar – Sel kanker bisa menjangkiti berbagai organ tubuh termasuk bagian usus besar. kanker usus besar sama menakutkannya dengan kanker lainnya. Jika tidak diantisipasi bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya serta merusak organ pencernaan.

Usus besar memiliki peran penting dalam sistem pencernaan sekaligus sistem pembuangan dalam tubuh. kanker usus besar bisa disebabkan karena faktor makanan, sistem pencernaan yang tidak lancar dan faktor lainnya.

Ciri-ciri kanker usus besar masih sulit dikenali. Bahkan gejalanya hampir mirip dengan masalah pencernaan pada umumnya. Namun intensitas gejalanya lebih sering dan kian parah. Hal ini semakin diperkuat dengan adanya benjolan pada bagian perut yang menandakan kanker sudah kian parah.

Untuk mengantisipasi kanker usus besar tidak semakin parah maka kenali terlebih dulu ciri-ciri dan gejalanya yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

1. Keluar darah pada feses

Gejala yang pertama adalah darah yang keluar bersama dengan feses. Penderita kanker usus umumnya mengeluarkan feses yang lebih tipis dan panjang disertai dengan darah.

Hal ini disebabkan infeksi dan pendarahan pada bagian usus besar. di bagian bawah pencernaan juga terdapat infeksi yang menyebabkan feses bercampur dengan darah.

2. Rasa tidak nyaman di perut

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar 2

Seseorang positif menderita kanker usus senantiasa merasakan kembung dan rasa tidak nyaman pada lambung. Hal ini disebabkan invasi sel kanker yang membuat rasa menjadi tidak nyaman.

Rasa tidak nyaman di perut ini tidak hanya timbul sesekali saja namun dibarengi dengan frekuensi yang sering. Rasa tidak nyaman pada perut ini juga hampir mirip dengan gejala maag.

3. Berat badan turun tanpa alasan

Turunnya berat badan secara drastis juga menjadi gejala selanjutnya kanker usus besar. padahal penderita sedang tidak melakukan program diet namun berat badan turun secara drastis.

Gejala ini juga mirip seperti penyakit kanker getah bening, dan kanker darah. Asupan nutrisi tidak sempurna diserap oleh tubuh sehingga penderita merasakan penurunan berat badan secara signifikan.

4. Kebiasaan buang air besar berubah

Frekuensi buang air besar menjadi tidak normal. bisa bertambah dan juga berkurang. buang air besar juga bisa disertai dengan kram pada perut. Seringkali gejala ini hanya diidentifikasi seperti diare atau sembelit. Namun jika frekuensinya lebih sering bisa jadi merupakan pertanda kanker usus besar yang mesti diwaspadai.

5. Adanya benjolan di perut

Terdapat benjolan di dinding usus dengan bentuk yang rata dan teratur. Jika kanker sudah menjalar akan terasa sakit ketika disentuh. Benjolan pada perut semakin membesar jika kanker sudah dalam tahapan serius tumbuh dibagian dinding usus. Selain itu benjolan ini juga dibarengi dengan anemia karena penderita mengeluarkan banyak darah ketika buang air besar.

Demikian berbagai ciri-ciri serta gejala kanker usus besar yang mesti anda waspadai. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut jika merasakan gejala demikian.

Leave a Reply