Dekorasi Pernikahan Adat Jawa untuk Pesta yang Indah dan Bahagia

Pernikahan adalah salah satu moment yang sangat sakral, saat dua manusia mengikat dan mengikrarkan janji yang suci untuk kehidupan baru bersama-sama dalam suka ataupun duka.

Pernikahan juga salah satu cara yang dilakukan oleh sepasang kekasih. Demi menghalalkan segala perbuatan yang memiliki hubungan dengan kehidupan rumah tangga antara suami dan istri. Kegiatan untuk membentuk sebuah keluarga baru dan meneruskan garis keturunan.

Umumnya, sebuah pernikahan dilakukan di tempat pengantin wanita. Atau, bisa juga di tempat pengantin pria. Tergantung dengan adat dan kebiasaan daerah diadakannya pernikahan.

Mungkin ada yang bingun, ingin menggunakan dekorasi pernikahan yang seperti apa. Ada banyak hal yang memengaruhi pemilihan tema dan dekorasi untuk sebuah pernikahan. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki banyak adat dan budaya. Jadi, patilah ada banyak macam dekorasi dan tema untuk setiap pernikahan.

Selain faktor budaya dan adat, tema dekorasi dalam sebuah pernikahan bisa dipengaruhi oleh dana atau selera kedua mempelai yang akan menikah.

Setelah dekorasi, ada juga yang mengikuti tema sebuah pernikahan, yaitu gaun pernikahan. Bahkan, tempat diadakannya sebuah pesta pernikahan juga dipilih agar terkesan lebih mewah dan sesuai dengan tema yang dipilih.

Sayangnya, nggak banyak calon pengantin yang mengetahui tentang bagaimana dekorasi pernikahan yang tepat. Jika pemilihan dekorasi tepat, maka dapat membuat lokasi pernikahannya terlihat istimewa dan mengesankan.

Menentukan dekorasi pernikahan memang bukanlah hal yang mudah. Tetapi, hal tersebut dapat disederhanakan dengan mengerucutkan pembahasan pada dekorasi pernikahan terlebih dahulu.

Untuk menentukan dekorasi pernikahan, kita harus mulai dari persiapan budget, besarnya tempat, banyak tamu undangan, lalu barulah pembahasan tentang tema dekorasi.

Setiap dekorator tentu saja memiliki gaya khas yang menunjukkan keunikan masing-masing. Jika kamu sudah punya impian pernikahan yang ingin direalisasikan dan keuangan mencukupi, kamu bisa mencari dekorator yang gayanya sesuai dengan keinginan.

Pemilihan dekorasi pernikahan yang sesuai dengan sebuah tema dekorasi, tentu akan memudahkan komunikasi dan konsultasi antara kamu dengan dekorator selama proses persiapan pernikahan.

Saat ini, tema dekorasi pernikahan paling favorit adalah minimalis. Walaupun terkesan sederhana, dekorasi minimalis banyak dicari, selain terlihat cantik, dekorasi tersebut juga menawan. Yang harus kamu catat, tema dekorasi pernikahan minimalis tentu tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar.

Dekorasi pernikahan yang murah dan bagus harganya pada kisaran 15 juta rupiah. Jadi, dengan budget yang relatif terjangkau, kamu sudah dapat kesan mewah tanpa harus berlebihan.

Nah, kalau kamu bingung tentang dekorasi pernikahan seperti apa yang akan digunakan dalam pesta pernikahan nanti, mari kita lihat bersama berbagai tema dekorasi pernikahan yang ada dan populer untuk saat ini.

dekorasi pernikahan jawa

pamelladecoration.blogspot.co.id

Berikut ini adalah dekorasi pernikahan yang bisa kamu gunakan. Ada dekorasi dari daerah Jawa yang ada di Indonesia, menarik untuk diaplikasikan dalam pernikahan kamu.

Dekorasi Pernikahan Adat Jawa

Dekorasi pernikahan adat jawa

lkpnoeralita.wordpress.com

Dekorasi pernikahan adat Jawa punya khas, yaitu adanya gebyok atau penyekat ruangan yang selalu menjadi certerpiece dalam sebuah pelaminan.

Gebyok biasanya menggunakan kayu asli, sehingga memberikan kesan sakral dan megah dengan nuansa yang klasik dan lebih bermakna.

Dalam pernikahan yang menggunakan prosesi nikah adat Jawa, biasanya juga menggunakan dekorasi adat Jawa berupa janur kuning melengkung. Sebuah simbol yang menandakan bahwa di tempat tersebut diadakan sebuah pesta pernikahan.

Umunya, pernikahan yang menggunakan prosesi pernikahan adat Jawa, waktunya lebih dari satu hari. Bahkan, dahulu, pesta pernikahan adat Jawa bisa sampai 7 hari lamanya. Hal tersebut karena selain berbagai prosesi upacara, juga diadakan pertunjukan wayang.

Leave a Reply