Contoh Resensi Buku Terjemahan, Unsur-unsur dan Tujuan

Contoh Resensi Buku Terjemahan – Kata “resensi” dalam bahasa Indonesia ternyata berasal dari bahasa Belanda “resentie” serta bahasa Latin “resencio”. Artinya adalah mengulas kembali. Sementara arti resensi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah ulasan sebuah buku. Bisa diartikan bahwa resensi merupakan ulasan kembali sebuah karya, baik karya tulis, karya dua dimensi hingga karya audio visual.

Resensi juga bisa diartikan sebagai ulasan kembali sebuah karya dari sudut pandang diri sendiri sebagai pihak yang menikmati karya tersebut. Khusus untuk resensi buku, bisa ditemukan dengan mudah contoh resensi buku terjemahan di media sosial maupun blog khusus yang membahas tentang buku.

Contoh Resensi Buku Terjemahan dan Unsur-unsur Resensi

Saat duduk di bangku sekolah, mungkin kita sudah pernah diberi pelajaran seputar resensi buku. Terutama dalam pelajaran bahasa Indonesia, akan ada bab khusus yang membahas bagaimana cara membuat contoh resensi buku terjemahan. Materi resensi rupanya tak hanya digunakan di sekolah, namun juga di luar sekolah. Agar dapat mempelajari resensi buku, terlebih dulu harus kita perhatikan unsur apa saja yang ada di dalamnya. Tujuannya adalah agar tulisan yang dibuat bisa tepat sasaran serta bermanfaat untuk pembaca. Beberapa unsur tersebut adalah:

  1. Isi Resensi

Isi resensi ialah sinopsis buku, ulasan singkat dari buku, kutipan secukupnya, keunggulan serta kelemahan dan juga rumusan kerangka buku hingga penggunaan bahasa.

  1. Penyusunan Data

Tahap contoh resensi buku terjemahan ini meliputi judul buku, penulis buku, penerbit, tahun terbit dan cetakannya, dimensi buku sampai dengan harga buku.

  1. Judul Resensi

Judul haruslah memiliki kesinambungan dengan isi resensi yang ditulis. Penulisan judul juga harus dibuat semenarik mungkin agar bisa menarik minat orang lain untuk membacanya.

  1. Penutup Resensi

Bagian ini umumnya berisi mengapa buku itu ditulis dan kepada siapa resensi tersebut ditujukan. Seringkali akan diberikan pula ratting pada buku yang diresensi.

Contoh Resensi Buku Terjemahan dan Tujuannya

Penulisan contoh resensi buku terjemahan tentu bukan tanpa tujuan dan manfaat. Ada beberapa tujuan dari ditulisnya resensi sebuah karya terutama buku. Berikut adalah beberapa tujuan dari ditulisnya resensi buku:

  1. Agar dapat membicarakan ataupun mengulas lebih dalam tentang tema atau topik yang diangkat dalam buku tersebut
  2. Bisa secara mudah memberi informasi atau pemahaman pada pembaca terkait karya yang telah dinikmati. Dengan kata lain, kita bisa memberikan pendapat dari sudut pandang sendiri tanpa membocorkan terlalu banyak atau spoiler
  3. Membantu pemabca dalam memberi pertimbangan seputar kelayakan sebuah karya apakah layak baca atau tidak
  4. Menjawab kebingungan yang mungkin muncul dari pembaca terkait sebuah karya

Demikian adalah unsur-unsur yang terdapat dalam buku terjemahan serta tujuan dari penulisan resensi buku terjemahan. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat apabila kita hendak menulis contoh resensi buku terjemahan.

home office desk background, Desk musicians, hand holding pencil and writing note on wood table,Checklist Notice Remember Planning Concept

Resensi ini sendiri bisa ditemukan di akun media sosial yang khusus membahas buku ataupun blog resensi yang banyak terdapat di internet. Bahkan, tidak sedikit orang yang hobi menulis resensi karena hal ini menyenangkan, di mana mereka bisa berbagi tentang buku yang dibacanya dengan orang lain dan saling merekomendasikan buku yang dianggap menarik untuk dibaca.

Bagi pembaca, mencari resensi buku juga biasa dilakukan sebelum mulai membaca atau membeli suatu buku tertentu untuk memastikan apakah buku tersebut layak dibaca atau tidak.

Leave a Reply