Cara Menulis Biografi Diri Sendiri ataupun Tokoh yang Menarik

CARA MENULIS BIOGRAFI – Tujuan dari cara menulis biografi pasti tidak jauh-jauh dari tangga menuju keabadian. Baik itu nama, kehidupan sehari-hari, karir pekerjaan, maupun pencapaian sepanjang hidup. Penulisannya juga tidak sembarangan. Semua memerlukan cara yang jitu dari awal sampai akhir.

cara menulis biografi

pixabay.com

Era kita amat diuntungkan karena telah tersebar banyak penerbit dan kertas. Bandingkan pada waktu belum ada fasilitas seperti itu. Proses mengabadikan kehidupan seorang tokoh hanya bisa lewat lisan ke lisan. Begitu pemilik lisan tiada, tumbang sudah kalau tidak diwariskan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara atau teknik menulis biografi berdasarkan dasar pembuatannya maupun medianya. Menulis biografi tidaklah sesulit kelihatannya. Terutama ketika Anda sudah memulai langkah pertamanya.

[toc]

Menulis Biografi dengan Cara atau Teknik Autobiografi

cara menulis biografi

pixabay.com

Teknik autobiografi itu bersangkutan dengan menulis biografi tentang diri sendiri. Langkah untuk membuatnya adalah buatlah garis waktu kehidupan yang ingin Anda tulis. Tulis bagian yang paling berkesan dan menarik ketika sudah jadi bacaan.

Dimulai dari kisah masa kecil. Apa saja yang Anda alami ketika masih kecil. Kalau perlu selengkap-lengkapnya dan ditulis dengan gaya penulisan yang menarik. Setelah itu, tulis tentang kisah Anda ketika beranjak dewasa. Perjalanan menuju dewasa ini sangat kompleks.

Ada kisah jatuh cinta, masa-masa sulit, atau barangkali kisah ketika berhadapan dengan kejahatan. Kalau kesulitan menulis secara langsung, rekam buah pikiran Anda ke dalam rekaman. Terbukalah pada diri sendiri. Kemudian narasikan dengan rapi.

Menulis Biografi dengan Cara Menarasikan Kehidupan Orang Lain

Teknik kedua ini berkenaan dengan menulis biografi pada umumnya. Bisa jadi penulis dengan seseorang yang ditulis sudah berbeda alam. Maka, dalam kasus ini, seyogynya penulis biografi betul-betul menghimpun data seakurat mungkin dari berbagai sumber.

Bukan hanya sumber saja, melainkan sumber yang betul-betul terpercaya. Cara menulis biografi di sini hampir sama dengan membuat autobiografi. Hanya saja ada beberapa etika yang perlu disorot ketika mengorek data seorang tokoh yang masih hidup.

Pada umumnya seorang penulis biografi tokoh, cara mengorek datanya lewat wawancara langsung. Langkah ini bertujuan agar data yang dihimpun betul-betul valid karena berasal dari orang yang mengalami. Bukan dari manipulasi data di sumber luar.

Biasanya pula, penulis biografi tokoh itu juga punya tim dan jaminan pasti diterbitkan. Ini tidak mengherankan karena penulis tersebut sudah bekerja sama dengan banyak penerbit. Bahkan ia jugalah yang mengatur proses lauching buku ke hadapan khalayak.

Setelah data terkumpul, baru disusun secara rapi berdasarkan alur waktu yang disampaikan oleh sumber. Satu saja kebohongan kecil bisa merusak reputasi tokoh yang Anda tulis. Hal itu akan terus diingat oleh pembaca karena mereka menganggap buku biografi itu semua valid.

Menulis Biografi dengan Cara Lewat Penerbit Langsung

cara menulis biografi

pixabay.com

Di dalam tubuh penerbit itu terdapat banyak orang dengan spesialisasi berbeda-beda. Tidak sedikit pula pihak penerbit membuka jasa penulisan biografi tokoh. Mungkin atas kemauan tokoh itu sendiri maupun atas inisiatif orang yang dekat dengan tokoh.

Orang yang paling dekat dengan tokoh pasti tahu bagaimana kehidupan si tokoh itu. Tentu jumlah orang terdekat itu sangat kecil. Soalnya dalam hidup seseorang, umumnya hanya percaya 100% pada orang tertentu saja. Ia akan menumpahkan segala rahasianya di sana.

Barangkali juga karena sudah bagian dari wasiat si tokoh sebelum meninggal. Beberapa tokoh terkenal melakukan hal ini. Jadi, mereka meminta seseorang menuliskan kehidupannya setelah ia benar-benar meninggal. Tujuannya agar terhindar dari sifat yang tak diinginkannya.

Jadi, apakah mengetahui cara menulis biografi itu penting? Sangat penting. Tanpa adanya biografi, tidak mungkin kita bisa mengenal tokoh-tokoh yang sudah meninggal ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Hanya dengan inilah mereka akan terus hidup selamanya.

Leave a Reply