Cara Mendidik Anak Perempuan Dalam Islam

Cara Mendidik Anak Perempuan – Ada banyak orang diluar sana yang sangat mengharapkan kelahiran seorang anak laki-laki. Apalagi jika terbentur oleh ajaran budaya tertentu. Padahal, pada dasarnya tidak ada yang perlu dibeda-bedakan antara memiliki anak laki-laki atau perempuan. Anak perempuan atau anak laki-laki sama saja.

Semuanya sama-sama merupakan karunia dan titipan dari Allah yang tentunya masing-masing memiliki kelebihan.
Untuk Anda, para orang tua yang melahirkan anak perempuan bersuka citalah. Jangan pernah menganggap, bahwa perempuan itu lemah dan tidak bisa apa-apa. Sebaliknya, anak perempuan justru merupakan anugerah terindah dan penolong bagi orang tuanya, sebagaimana hadits berikut:

“Barang siapa diuji sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat kebaikan kepada mereka (anak perempuannya), maka kelak mereka akan menjadi penghalang api neraka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits tersebut, dapat disimpulkan ada banyak keutamaan yang dimiliki seorang perempuan. Seorang permepuan yang masih kecil bisa menjadi penyelamat orang tuanya di akhirat kelak dan setelah perempuan menjadi ibu, maka surga di bawah telapak kakinya. Untuk itu, wajib bagi para orang tua untuk mendidik anak perempuan dengan sebaik-baiknya ajaran agama Islam.

Bagaimana mendidik anak perempuan yang benar?

1. Memberinya nama yang bagus

cara merawat bayi perempuan

ruangmuslimah.co

Mendidik anak perempuan yang pertama harus dimulai dari pemberian nama yang bagus-bagus kepadanya. Sebab, dari sebuah namalah doa dan pengharapan orang tua terhadap anaknya tercipta.

Berikanlah nama-nama kepada anak permepuan dengan nama-nama yang dicintai Allah, seperti nama-nama orang terdekat nabi, nama-nama berdasarkan Asma’ul Husna, dan nama-nama Islami.

2. Mengajarkan ilmu agama

Orang tua bukan hanya wajib memenuhi hak afeksi dan materi terhadap anak perempuannya, tetapi juga wajib mendidiknya sesuai dengan ajaran ilmu agama. Ilmu agama yang ditanamkan sejak dini dari orang tua kepada anak akan sangat bermanfaat untuk kehdupannya kelak.

Hal ini agar anak perempuan Anda terhindar dari segala fitnah dunia yang kejam. Ilmu agama yang cukup juga akan membuat anak perempuan sadar akan kewajibannya sebagai seorang muslimah yang bertaqwa kepada Allah, seperti menutup aurat.

3. Mendidiknya agar menutup aurat

cara mendidik anak perempuan

Diriwayatkan dari Aisyah ra, bahwa pernah suatu waktu Asma’ binti Abu Bakar pernah mendatangi Rasulullah dengan kondisi ia berpakaian pendek, maka berpelinglah Rasulullah dan berkata: “Wahai Asma’, sesungguhnya wanita apabila telah baligh, tidak pantas terlihat kecuali ini dan ini (seraya menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya).” (HR. Abu Daud).

Bahkan, bukan hanya berdasarkan hadits, kewajiban perempuan menutup aurat setelah balih juga telah termaktub dalam QS. Al-Ahzab: 59 yang berarti: “wahai nabi, katakanlah kepada isteri-isteri, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang Mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian supaya mereka lebih mudah dikenal. Karena itulah mreka tidak di ganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

4. Menikahkannya dengan pria yang shalih

Cara mendidik anak perempuan yang sesuai dengan ajaran Islam selanjutnya adalah menikahkannya dengan pria yang shalih, terutama untuk sang Ayah. Sebab, setelah menikah, tanggung jawab seorang Ayah berpindah kepada suaminya. Karenanya, wajib bagi Ayah menikahkan anak dengan pria yang shalih, yang taat ibadahnya.

5. Mengajarinya cara memasak dan pekerjaan rumah lainnya

Meski bukan sebuah kewajiban yang utama, namun ada baiknya orang tua mendidik anak permepuan agar mengenal urusan domestik. Hal ini tentu saja mempersiapkannya kelak agar siap mengurus sang suami. Mengajarinya memasak dan melakukan pekerjaan rumah lainnya adalah hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mempersiapkan semua itu untuk keluarganya kelak.

Leave a Reply