Cara Membimbing Anak Belajar Membaca Sejak Kecil

Belajar Membaca – Saat mengajari seorang anak kecil, harus mulai dari mana? Semua orang akan mengatakan sebaiknya diajari membaca. Ada pun sistemnya, bisa dijari dengan mengajak anak kecil tersebut meniru apa yang kita ucapkan tanpa melihat buku, atau anda mengajak anak tersebut membaca sambil melihat buku atau papan tulis.

Mengajari anak kecil tentu berbeda dengan cara mengajari orang dewasa. Ketika anda berada dihadapan orang-orang dewasa, anda tinggal memaparkan apa saja yang anda ingin sampaikan dan mereka akan menyimak dengan baik. Adapun mengajari anak kecil, dibutuhkan cara-cara khusus agar si anak bisa mengikuti bimbingan yang anda berikan.

Saat anda mengajari anak anda membaca atau murid-murid anda, anda pasti ingin agar mereka bisa membaca dengan baik dalam waktu yang cepat. Nah, pada tulisan kali ini, kita akan membahas tentang metode dalam membimbing seorang anak kecil belajar membaca dengan baik dan cepat.

Membimbing Anak Belajar Membaca Dengan Cepat

mengajari anak belajar cepat membaca

sigambar.com

Orang tua sebaiknya menjadi guru pertama si anak dalam belajar. Dalam hal ini, si ibu akan banyak berperan dalam perkembangan si kecil. Ajarilah anak mulai belajar membaca dengan cara yang santai.

Untuk memudahkan anda agar si kecil bisa belajar membaca dengan baik dan cepat, anda bisa mengikuti tips-tips berikut:

1. Pilih dan sediakan buku yang sesuai

Memilih buku yang tepat untuk anak

colemndlab.org

Beli buku sesuai dengan kebutuhan si anak, jangan mengumpulkan buku yang tidak diperlukan dalam perkembangan anak dalam belajar. Membeli buku-buku yang tidak bermanfaat pada anak hanya menghabiskan biaya yang tidak perlu.

Selain itu, pilihan buku memiliki dampak yang sangat besar dalam perkembangan anak. Jadi, sering-seringlah membaca petunjuk usia si kecil, termasuk level membaca pada buku agar bisa menyesuaikan buku yang tepat untuk anak. Anda juga bisa cari-cari di internet daftar buku yang yang bisa anda pilih koleksi si kecil.

2. Tetapkan jam membaca di rumah

perlu menetapkan jam membaca buat anak

pixabay.com

Tanyakan pada anak kapan waktu yang mereka inginkan untuk membaca, jangan paksakan kehenda anda karena hanya akan membuat anak jadi malas, bahkan bisa membuat anak jadi benci pada buku.

Anda bisa mengusulkan waktu-waktu tertentu untuk membaca, seperti saat minum teh di sore hari atau setelah makan malam. Waktu tersebut bisa anda jadikan sebagai waktu membaca untuk seluruh anggota keluarga. Berhenti dari semua aktivitas yang lain, matikan TV, singkirkan sejenak sosial media, dan nikmati waktu membaca bersama keluarga.

3. Bacakan kalimat-kalimat yang unik dan ajak si kecil menirukannya

membuat anak tidak bosan belajar

yayasanmuslim.or.id

Sesekali saat sedang bersantai, ucapkan kata-kata unik dan ajak si kecil menirunya. Kegiatan seperti akan membuat si kecil dapat meningkatkan kemampuannya dalam belajar mengucapkan kata-kata yang jarang di dengarnya.

Minta anak menyimpulkan cerita yang telah dibacanya
Setelah selesai membaca sebuah buku atau cerita, minta si kecil menyimpulkan apa yang ia fahami dari apa yang ia baca. Namun jangan lakukan hal ini terlalu sering karena justru bisa membuat anak tertekan.

4. Mengganti waktu anak bermain gadget dengan membaca

seimbangkan main gadget dengan belajar membaca

dnaidia.co.uk

Seimbangkan waktu membaca si kecil dengan waktu ia bermain gadget, kalau bisa buatlah aturan dan perjanjian dengan si kecil, bila mereka bisa menyelesaikan jam target membaca, maka mereka akan memperoleh hadiah tambahan beberapa menit bermain game.

5. Cari tahu buku apa yang dibaca teman-temannya

cari tau buku apa yang dibaca temannya

regoparkpreschool.com

Anda wajib mengetahui buku apa yang sedang menjadi favorit anak-anak. Cobalah bertanya pada pustakawan sekolah atau beberapa orangtua siswa yang lain.

Usahakan buku-buku favorit anak-anak juga ada dalam koleksi buku si kecil di rumah. Kadang, mengetahui buku apa yang biasa dibaca teman-temannya bisa momotivasi anak lebih rajin membaca. Sekali-kali ajak si kecil ke toko buku mencari buku yang lagi tren di kalangan anak-anak.

6. Hiasi ruangan dengan kata dan huruf

menghiasi kamar tidur anak dengan huruf huruf

midcityeas.com

Ini salah satu cara yang sangat bagus dalam membantu meningkatkan kemampuan anak dalam membaca. Dengan terbiasa melihat bentuk-bentuk huruf dan huruf yang membentuk kata, si anak akan hafal bentuk huruf dan kata-kata tersebut.

Hiaslah kamar anak dengan gambar atau poster huruf, quotes singkat yang menginspirasi, atau bisa juga nama si kecil dan nama-nama keluarga, seperti nama ibu, ayah, kakak, dan lainnya.

Cara ini mirip dengan sight word recognition, salah satu cara yang sangat efektif untuk belajar huruf dan kata untuk anak kecil dengan cepat dan benar.

Sight word recognation membantu anak belajar membaca pada tahap awal dengan cara mengamati dan mengenali kata-kata yang paling sering digunakan dalam keseharian.

Biasanya sight words dalam bahasa inggris berupa kata “a”, “is”, “the”, “that”, “I”, and “you”. Untuk bahasa indonesia, ibu-ibu muda bisa mencoba dengan kata “aku”, “kamu”, “di”, “mama”, “papa”, atau kata lain yang bisa di gunakan di sekitar sang buah hati

Kesimpulan

Terkadang si kecil sulit untuk di kontrol terutama saat diajak belajar, seprti belajar membaca atau menulis. Watak anak kecil yang selalu ingin bermain sering kali membuat bunda kewalahan. Mudah-mudahan tips-tips diatas bisa membantu bunda untuk bisa mengarahkan si kecil belajar membaca dengan senang hati. Selamat mencoba.

Leave a Reply